Ini loh 5 cara sedekah online non materi termudah untuk dilakukan!

Sedekah online bukan hanya tentang memberi harta, ternyata dengan teknologi informasi saat ini, terutama sosial media yang sangat akrab dalam keseharian kita, ada banyak loh cara sedekah online non-materi yang bisa kita lakukan.

0

Di era modern ini berbagai aktivitas manusia sudah sangat kaitannya dengan teknologi informasi atau sering disebut online, termasuk dalam hal bersedekah, sudah dikenal sedekah online. Selama ini kita sebagai muslim tentunya sudah mengetahui apa keutamaan sedekah dari mulai keberkahan hidup hingga menambah rezeki seperti yang pernah dibahas disini.

Salah satu amalan yang dicintai Allah SWT pun adalah sedekah, seperti firmanNya dalam Q.S.Al-Baqarah ayat 271:

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Sebelum kita membahas sedekah online lebih lanjut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa pengertian sedekah sebenarnya, karena banyak dari kita yang masih berpikir bahwa sedekah berupa materi atau harta.

Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Lebih lanjut, menurut peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, pengertian sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Jika dirangkum lebih lanjut, sedekah dalam dikategorikan ke dalam tiga macam sedekah, yaitu, Pertama, sedekah materi yang memberikan barang berupa harta miliknya kepada orang lain, seperti memberi uang, makanan, minuman ataupun pakaian. Kedua, sedekah non materi, merupakan sedekah yang dilakukan bukan berupa harta, contohnya memberikan senyum, tenaga, pikiran, ataupun nasehat. Sedangkan, Ketiga adalah sedekah jariyah, sedekah barang atau hal yang termanfaatkan terus menerus, sehingga seiring dengan penggunaannya, pahalanya pun akan terus mengalir meskipun orang yang bersedekah sudah meninggal. Seperti, membangun masjid dan fasilitas umum lainnya.

Sedekah Online Non-Materi

Sedekah online bukan hanya tentang memberi harta, ternyata dengan teknologi informasi saat ini, terutama sosial media yang sangat akrab dalam keseharian kita, ada 5 cara sedekah online non materi termudah yang bisa kita lakukan menggunakan sosial mediamu.

1. Sedekah senyum dengan temanmu di sosial media

Sedekah Senyum
Sedekah Senyum Sumber: Pinterest.

Saat menggunakan sosial media, jangan lupa untuk menyapa temanmu, saudara, ataupun kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. Tanyakan kabarnya, atau bahkan mendengarkan curahan hatinya jika memang ia sedang berkemelut dalam suatu permasalahan. Jangan pernah meremehkan kebaikan sekecil itu meski lewat sosial media, karena itu bisa loh masuk sebagai sedekah, seperti yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam HR.Muslim:

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu.” (HR. Muslim).

2. Posting status berisikan kalimat-kalimat yang baik sebagai sedekah online

Sedekah Online menggunakan sosial media
Sedekah Online menggunakan sosial media. Sumber: Pexels.

Salah satu cara mensyukuri kita bisa berbicara adalah dengan berkata baik, benar atau diam. Karena, memberikan kalimat baik juga termasuk sedekah, dan itu bisa dilakukan secara online dengan cara memasang status berisikan kalimat baik di setiap sosial media yang kamu punya. Sesuai dengan hadist dari Al Bukhari berikut:

“Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antar dua orang adalah sedekah, kamu membantu orang untuk menaikkannya di atas kendaraannya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, tiap langkah menuju shalat adalah sedekah, dan membuang gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al Bukhari).

3. Membagikan informasi terkait penggalangan donasi

Sembako Subsidi
Sembako subsidi di www.beramaljariyah.org

Sedekah online lainnya adalah membagikan informasi seluas-luasnya terkait penggalangan donasi supaya kegiatan kepedulian terhadap sesama menjadi viral dan mendapatkan dukungan seluas-luasnya. Salah satunya kampanya-kampanye donasi yang ada baik dari platform crowd funding seperti beramaljariyah.org yang membutuhkan sekali bantuan kita untuk menyebarluaskan beritanya, agar bisa sampai kepada donatur dimanapun mereka berada.

4. Menulis ilmu yang bermanfaat di blog ataupun sosial media

Jika secara offline kita bisa sedekah menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui buku-buku yang tercetak. Hal itu bisa juga dilakukan secara online, yaitu dengan secara aktif menulis ilmu pengetahuan di sebuah blog pribadi ataupun sosial media, berbentuk caption ataupun microblog yang sekarang sedang digandrungi oleh banyak pemuda. Sehingga orang-orang dapat mencari ilmu yang baik melalui tulisan-tulisan yang kita posting.

5. Memberi nasehat secara online

Nasehat di dalam agama Islam bagikan sendi, sehingga setiap muslim akan senantiasa saling menasehati. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang disampaikan oleh Tamim Ad Dariy r.a, yaitu:

الدين النصيحة قلنا : لمن ؟ قال : لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم

“Agama adalah nasehat”. Para sahabat bertanya: “Untuk siapa?”. Beliau menjawab: “Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan umat muslim seluruhnya” (HR. Muslim, no. 55).

Untuk itu, di dalam kehidupan bersosial media pun, kita tetap bisa menjalankan sedekah online ini dengan senantiasa bisa menasehati dengan adab yang benar. Jika ada teman kita yang tiba-tiba saja meminta nasehat atas sebuah pilihan melalui postingan instagram, direct message, ataupun saat ia memberi komentar di akun sosial media kita.

Besar sekali bukan potensi sedekah yang bisa kita lakukan melalui sosial media kita? Untuk itu, lebih bijak lagi ya dalam menggunakan sosial media yang dimiliki. Selalu penuhi dengan hal-hal yang bermanfaat, ilmu yang baik, dan penyambung silaturahim dengan keluarga dan kerabat yang tak terjangkau secara fisik, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang. Kita masih bisa mendapat keutamaan sedekah dengan cara-cara diatas. Selamat bersedekah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.