Wakaf Masjid Bersejarah Dibangun 1918, Satu-satunya Sarana Ibadah Warga Setempat (Jambi)

Wakaf Masjid Bersejarah Dibangun 1918, Satu-satunya Sarana Ibadah Warga Setempat (Jambi)

Pengelola: Pengurus Masjid Nurul Huda Jambi

Donatur
309
Terkumpul
Rp82.222.100
Target
Rp75.100.000

#SahabatAmal, Mari Bantu Masjid Bersejarah yang Didirikan Pada Tahun 1918

Masjid Nurul Huda adalah satu-satunya masjid di Jl. H. Adam Parit 3 Darat RT 06 RW 24 Kel Tunggal 2 Kec. Tunggal Ilir Kab. Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.  Masjid ini merupakan satu-satunya sarana ibadah warga di sana yang 100% beragama Islam yang berjumlah sekitar 100 KK dengan total penduduk sekitar 400 jiwa.

Masjid satu-satunya yang menjadi sarana ibadah warga ini pernah tiga kali direnovasi.  Masjid ini setiap hari digunakan untuk ibadah sholat fardu, pengajian rutinan, dan juga sholat Jumat.

Sekilas tentang Desa Tunggal, merupakan sebuah desa pesisir yang rata-rata mata pencaharian warganya adalah sebagai nelayan kecil, buruh bangunan, dan pengrajin kopra. Hampir seluruh penduduk di sana berpendidikan tidak lebih dari SMP.

Kondisi rumah warga di sana rata-rata rumah panggung dari kayu dan tanpa kamar mandi. Untuk cuci dan buang air kecil, mereka melakukannya di jamban seadanya di pinggir rumah. Adapun untuk BAB (Buang Air Besar), mereka rata-rata melakukannya di kebun dengan cara menggali tanah.

Karena terpencilnya, sampai-sampai listrik pun masih belum bisa dinikmati oleh sebagaian warga di sana. Termasuk di masjid Nurul Huda bertahun-tahun hanya menggunakan genset dan baru tahun-tahun terakhir ini listrik sudah terpasang di masjid.

Sedangkan untuk kebutuhan air minum, masyarakat desa ini menampung air hujan saat musim hujan, dan beli di pengasong air saat kemarau atau mengambil di hulu sungai menggunakan perahu yang harus ditempuh dalam waktu 3-4 jam pulang pergi.

Semoga dengan adanya fundrising ini bisa membantu memfasilitasi ibadah warga di sana. Dan semoga Allah membalas amal baik para donatur semua dengan balasan yang berlipat ganda. Aamiin.

Jika ingin membantu, #SahabatAmal bisa berdonasi dengan cara:

1. Klik Tombol "Infak Sekarang"
2. Masukkan Nominal Infak Sahabat
3. Masukkan Data yang Diminta oleh Sistem
4. Lakukan Transfer ke Rekening Bank yang Sahabat Pilih

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajak sahabat lainnya untuk membantu dengan cara share link ini di WhatsApp dan Facebook, insyaallah setiap kebaikan dari ajakan kita, maka Sabahat pun akan mendapatkan pahalanya.

Terima kasih kami ucapkan, doa dan dukungan Sahabat sangatlah berarti.

Butuh Bantuan?
Hubungi Kami Telp / WA: 081995 10 1000

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman kampanye ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili beramaljariyah.org.
Beramal Jariyah akan melakukan verifikasi terkait kondisi dan data yang diberikan penggalang dana sampai diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, sehingga cerita dan data yang diberikan dalam kampanye ini adalah sesuai keadaan sebenarnya.
PROGRAM TELAH BERAKHIR
© 2018 - 2019 Yayasan Beramal Jariyah
bekerjasama dengan PT Setiap Hari Dipakai / Evermos

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan akta pendirian No. 79 Tanggal 31-01-2020, adalah lembaga penggalangan dana online dengan situs beramaljariyah.org yang menggalang program Zakat, Infaq, dan wakaf. Pembayaran ditujukan ke rekening A.N Sahabat Beramal Jariyah. Donasi manual agar mencantumkan keterangan program yang akan dibantu. Dana tanpa keterangan akan kami salurkan melalui program regular Sahabat Beramal Jariyah dan masuk kategori dana infak.