Wakaf Masjid Bersejarah Dibangun 1918, Satu-satunya Sarana Ibadah Warga Setempat (Jambi)

Wakaf Masjid Bersejarah Dibangun 1918, Satu-satunya Sarana Ibadah Warga Setempat (Jambi)

Pengelola: Pengurus Masjid Nurul Huda Jambi

Donatur
333
Terkumpul
Rp84.734.400
Target
Rp751.000.000

#SahabatAmal, Mari Bantu Masjid Bersejarah yang Sudah Berumur 102 Tahun!

Sebagai seorang muslim, kita pasti punya masjid favorit kan? Tempat kita bisa beribadah dengan khusuk, bersujud meluruhkan seluruh beban di pundak, menangis sepuasnya dihadapan Ilahi, di rumahNya yang penuh keberkahan. Sembari dibelai halus oleh semilir angin yang seakan menjadi perantara Allah swt untuk memeluk hambaNya.

Kali ini kami ingin bercerita tentang satu masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1918! MasyaAllah, 102 tahun umurnya. Terletak di satu daerah pelosok negeri, tepatnya di Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Namanya, Masjid Nurul Huda.

 

Masjid itu menjadi satu-satunya masjid bagi 400 warga disana yang seluruhnya beragama Islam. Digunakan setiap ibadah shalat fardhu, sholat jum'at, shalat Ied, hingga pengajian rutin warga. Semata-mata untuk menjalankan perintah Allah swt dalam memakmurkan masjid.

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At Taubah: 18)

 

Namun, setelah 1 abad didirikan, dan sudah pernah tiga kali renovasi, kondisi masjid kini masih belum bisa untuk digunakan dengan nyaman. Hal dasar seperti listrik pun belum bisa menerangi masjid, sebelumnya bertahun-tahun masjid hanya mengandalkan genset jika ibadah sholat maghrib, isya ataupun itikaf. Barulah sekarang bisa terpasang listrik.

 

Warga disana ingin sekali memiliki masjid yang nyaman, sebagai tempat mereka bersimpuh pada Allah swt. Tetapi, keadaan ekonomi warga disana masih lemah. Sehari-harinya mereka bekerja sebagai nelayan kecil, kuli bangunan, hingga pengrajin kopra atau produk olahan kelapa sebagai bahan baku minyak kelapa. Pendidikan mereka pun hanya sampai sekolah menengah saja, jarang sekali yang lebih dari itu.

 

Kondisi rumah disana juga masih berupa rumah panggung dan tanpa kamar mandi, mereka melakukan aktivitas dengan air bersih dan sanitasi masih di luar rumah. Bahkan untuk air minum mereka masih menunggu turunnya air hujan, jika kemarau mereka harus membeli, dan kalaupun terpaksa membawa dari hulu sungai, itu memakan waktu 3-4 jam lamanya.

Penghasilan mereka rendah sekali, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. Sehingga, sulit sekali untuk bisa patungan merenovasi Masjid Nurul Huda.

Untuk itu, Beramal Jariyah mengajak #SahabatAmal semua untuk patungan membangun masjid bagi saudara muslim kita disana. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang menceritakan ganjaran surga bagi mereka yang membangun masjid, yaitu:

"Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533)

Bagi #SahabatAmal yang akan berdonasi, bisa langsung Klik "WAKAF SEKARANG".

____

1. Klik Tombol "Wakaf Sekarang"

2. Masukkan Nominal Infak Sahabat

3. Masukkan Data yang Diminta oleh Sistem

4. Lakukan Transfer ke Rekening Bank yang Sahabat Pilih

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajak sahabat lainnya untuk membantu dengan cara share link ini di WhatsApp dan Facebook.

Insyaallah setiap kebaikan dari ajakan kita, maka Sabahat pun akan mendapatkan pahalanya.

Terima kasih kami ucapkan, doa dan dukungan Sahabat sangatlah berarti.

Butuh Bantuan?
Hubungi Kami Telp / WA: 0819 28 10 1000

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman kampanye ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili beramaljariyah.org.
Beramal Jariyah akan melakukan verifikasi terkait kondisi dan data yang diberikan penggalang dana sampai diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, sehingga cerita dan data yang diberikan dalam kampanye ini adalah sesuai keadaan sebenarnya.
© 2018 - 2019 Yayasan Beramal Jariyah
bekerjasama dengan PT Setiap Hari Dipakai / Evermos

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan akta pendirian No. 79 Tanggal 31-01-2020, adalah lembaga penggalangan dana online dengan situs beramaljariyah.org yang menggalang program Zakat, Infaq, dan wakaf. Pembayaran ditujukan ke rekening A.N Sahabat Beramal Jariyah. Donasi manual agar mencantumkan keterangan program yang akan dibantu. Dana tanpa keterangan akan kami salurkan melalui program regular Sahabat Beramal Jariyah dan masuk kategori dana infak.

Kami juga menerima pembayaran melalui: