Sahabat Qurban Peduli Pelosok dan Daerah Minim Pequrban

Sahabat Qurban Peduli Pelosok dan Daerah Minim Pequrban

Pengelola: Sahabat Qurban ✔️

Donatur
7
Terkumpul
Rp15.875.000

Assalamualaikum #SahabatAmal

Momentum Idul Adha adalah waktu yang sangat tepat untuk semua umat muslim ikut berbagi makanan bagi masyarakat yang membutuhkan melalui ibadah qurban. Menyembelih hewan qurban adalah sunnah muakkad sebagai bentuk kita meneladani ketaatan Nabi Ibrahim a.s kepada Allah SWT.

Landasan Hukum

Ibadah qurban sebagai sunnah muakkad berarti ibadah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat atau hampir mendekati wajib. Ketentuan mengenai qurban juga tertulis dalam surat Al Quran berikut ini:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), “ (QS. Al-Hajj:34)

”Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat shalat kami”. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim menshahihkannya).

Dari anjuran untuk berqurban, Yayasan Sahabat Beramal Jariyah membuat sebuah program qurban yang dari mulai penyediaan hewan qurban, penyembelihan, sampai dengan pendistribusiannya. Program ini bernama Sahabat Qurban.

Qurban Berkesan Bersama Sahabat Qurban

Sahabat Qurban berupaya menjadi qurban innovatif, praktis, dan berkesan. Daging qurban akan diolah dan dikemas menjadi rendang dalam kaleng, serta daging domba akan dibuat tongseng kering.

Bersama Sahabat Qurban, insyaAllah qurban Anda akan menjadi qurban terbaik dan berkesan tahun ini. 

Kelebihan Berqurban dengan Sahabat Qurban

Kelebihan beribadah qurban besama Sahabat Qurban adalah

  • Amanah dan berpengalaman dalam menyalurkan
  • Mudah dan Harga Terjangkau
  • Bisa didistribusikan lebih luas dan merata ke daerah kurang pekurban
  • Praktis, Sangat efektif disalurkan ke daerah rawan gizi, konflik, atau bencana karena bisa langsung dimakan
  • Rasa masakan yang lezat sesuai dengan lidah nusantara berupa rendang sapi dan tongseng domba kering

Sesuai Syariah

Nilai tambah berupa pengolahan dan pengemasan daging qurban bukanlah suatu hal yang baru dan merupakan suatu innovasi yang sangat efektif dilakukan pada saat ini. Hal ini pun pernah secara tersirat diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah riwayat.

Salamah bin Al-Akwa berkata: Nabi SAW bersabda, ”Siapa yang menyembelih qurban maka jangan ada sisanya sesudah tiga hari di rumahnya walaupun sedikit.” Tahun berikutnya orang-orang bertanya: “Ya Rasulullah apa kami harus berbuat seperti tahun lalu?” Nabi SAW menjawab, ”Makanlah dan berikan kepada orang-orang dan simpanlah sisanya. Sebenarnya, tahun lalu banyak orang yang menderita kekurangan akibat paceklik, maka aku ingin kalian membantu mereka” [HR Bukhari No.569, Muslim No.1974].

Dari hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa kita diperbolehkan menyimpan sebagian daging qurban untuk disalurkan kemudian sesuai kebutuhan di masyarakat. Selain itu, kami pun insyaallah menjamin bahwa semua proses yang dilakukan sudah memenui syariat. 

Penyembelihan

Penyembelihan domba dilakukan bekerjasama dengan CV. Melati Aqiqah - Yogyakarta yang sudah memiliki sertifikat halal dari MUI dengan nomor sertifikat halal rumah potong hewan (RPH) adalah 12320004230918. Untuk penyembelihan sapi dilakukan di RPH Mudiana - Surabaya dan telah memiliki sertifikat halal MUI dengan nomor 08020010190619.

Pengolahan dan Pengemasan Tongseng Kering

Produk unggulan pertama Sahabat Qurban tongseng kering yang diolah dari daging doma hewan qurban. Pengolahan daging domba menjadi tongseng kering dilakukan di PT. Suryajaya Abadiperkasa dan sudah mendapatkan sertifikat halal MUI untuk semua produk yang diolahnya termasuk tongseng kering. Nomor sertifikat halal produk tongseng kering adalah 00010007890398.

Pengolahan dan Pengalengan Rendang Sapi

Produk unggulan ke-dua Sahabat Qurban adalah rendang sapi yang dikalangkan. Pengemasan rendang sapi ini bekerjasama dengan PT. Suryajaya Abadiperkasa dan sudah mendapatkan sertifikat halal MUI untuk semua produk yang diolahnya. Nomor sertifikat halal produk rendang sapi adalah 00010007890398.

Qurban Inovatif

Pengolahan dan pengemasan daging hewan qurban merupakan inovasi yang sangat efektif dilakukaan saat ini.

Beberapa kondisi di masyarakat yang terjadi saat ini di antaranya:

  1. Qurban saat ini lebih banyak terpusat di kota-kota sementara banyak daerah pinggiran dan pelosok yang sama sekali tidak ada pequrban di sana.
  2. Karena qurban terpusat di kota-kota besar, sehingga menjadikan ketidakmerataan distribusi yang mengakibatkan dagiing qurban berlebih di beberapa orang yang berpotensi terbuang atau dijual.
  3. Kondisi Covid-19 sangat tidak memungkinkan untuk kita melakukan penyembelihan qurban secara langsung karena akan mengakibatkan kerumunan massa.

Bersama Sahabat Qurban, insyaallah manfaat daging qurban akan lebih optimal. Selain itu, Anda bisa memilih kemana qurban yang ditunaikan ini akan disalurkan. Anda bisa memilih kategori penyaluran qurban sebagai berikut:

  1. Sahabat Qurban Peduli Daerah Rawan Gizi
  2. Sahabat Qurban Peduli Masyarakat Terdampak Bencana
  3. Sahabat Qurban Peduli Pelosok dan Daerah Minim Pequrban

Dalam rangka menjadikan qurban Anda sebagai qurban terbaik tahun ini, kami membuat inovasi pengolahan daging qurban menjadi olahan spesial yang sangat sesuai dengan lidah nusantara.

Jenis qurban yang bisa dipilih bersama Sahabat Qurban adalah sebagai berikut:

1. Qurban Domba

Qurban domba Sahabat Qurban, insyaallah dengan hewan pilihan yang sesuai syariah:

  • Hewan memenuhi syarat sesuai ketentuan syariah
  • Hewan sehat, tidak cacat dan atau sakit
  • Hewan sudah berumur 1 tahun, masuk tahun kedua
  • Berat hidup domba mulai dari 17 kg s/d. 35 kg
  • Tongseng Kering yang dihasilkan: 25 - 35 kemasan tergantung tipe yang dipilih
  1. Domba Tipe A Rp. 1.787.500,- menjadi 25 paket tongseng kering @ 200gr
  2. Domba Tipe B Rp. 2.020.000,- menjadi 30 paket tongseng kering @ 200gr
  3. Domba Tipe C Rp. 2.220.000,- menjadi 35 paket tongseng kering @ 200gr

2. Qurban Sapi

Qurban domba Sahabat Qurban, insyaallah dengan hewan pilihan yang sesuai syariah:

  • Sapi memenuhi syarat sesuai ketentuan syariah
  • Sapi sehat, tidak cacat dan atau sakit
  • Sapi sudah berumur 2 tahun, masuk tahun ke-tiga
  • Berat hidup sapi mulai dari 201 kg s/d. 251kg
  • Rendang kaleng yang dihasilkan: 56 dan 90 kaleng tergantung tipe yang dipilih
  1. Qurban 1/7 Sapi Tipe A Rp. 2.620.000,- menjadi 56 kaleng rendang @ 150gr
  2. Qurban 1/7 Sapi Tipe B Rp. 3.220.000,- menjadi 90 kaleng rendang @150 gr

Butuh Bantuan?
Hubungi Kami Telp / WA: 081995 10 1000

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman kampanye ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili beramaljariyah.org.
Beramal Jariyah akan melakukan verifikasi terkait kondisi dan data yang diberikan penggalang dana sampai diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, sehingga cerita dan data yang diberikan dalam kampanye ini adalah sesuai keadaan sebenarnya.
© 2018 - 2019 Yayasan Beramal Jariyah
bekerjasama dengan PT Setiap Hari Dipakai / Evermos

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan akta pendirian No. 79 Tanggal 31-01-2020, adalah lembaga penggalangan dana online dengan situs beramaljariyah.org yang menggalang program Zakat, Infaq, dan wakaf. Pembayaran ditujukan ke rekening A.N Sahabat Beramal Jariyah. Donasi manual agar mencantumkan keterangan program yang akan dibantu. Dana tanpa keterangan akan kami salurkan melalui program regular Sahabat Beramal Jariyah dan masuk kategori dana infak.