Buat penggalangan dana. Klik di sini
LONGSOR SUMEDANG HANCURKAN BELASAN RUMAH DAN RENGGUT BELASAN JIWA

LONGSOR SUMEDANG HANCURKAN BELASAN RUMAH DAN RENGGUT BELASAN JIWA

Pengelola: ACT Bandung

Donatur
57
Terkumpul
Rp2.697.130

"Tiga anggota BPBD Sumedang, tewas akibat longsor susulan saat mengevakuasi para korban longsor pertama"

Assalamualaikum wr wb #SahabatAmal

Longsor melanda pemukiman warga di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang.

Bencana ini terjadi akibat tanah tebing yang tidak stabil setinggi 20 meter panjang 40 meter tak kuat menahan derasnya aliran hujan deras yang terjadi terus-menerus sejak Sabtu siang (9/1/2021).

Bencana longsor pertama terjadi Sabtu sore pukul 15.30 WIB, kemudian terjadi dua kali longsor susulan pukul 18.30 WIB. Hingga Senin siang (11/1/2021) total ada 13 korban ditemukan meninggal dunia, 18 orang mengalami luka-luka.

Dari jumlah korban tewas, tiga diantaranya adalah Komandan Koramil Cimanggung Kapten Inf Setiyo Pribadi, Kepala Seksi Trantibum Kecamatan Cimanggung Suhada, dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang Yedi.

Mereka tertimbun longsor susulan saat hendak melakukan evakuasi warga yang menjadi korban di lokasi kejadian.

 

Selain itu, 14 rumah rusak berat, 1 jembatan putus, beberapa ruas jalan tertutup longsor dan sejumlah kendaraan serta ambulans ikut tertimbun.

Ratusan warga juga telah diungsikan sejak Sabtu malam ke masjid dan sekolah yang jauh dari lokasi kejadian. Ada pula warga yang mengungsi ke rumah sanak saudara mereka.

Para pengungsi sangat membutuhkan sejumlah bantuan diantaranya makanan siap saji, logistik pangan untuk dapur umum, air minum, pakaian dewasa, perlengkapan balita, selimut, personal hygiene, obat-obatan, dan peralatan MCK.

Dari hasil pendataan sementara, ada 27 orang dinyatakan hilang. Maka dari itu, Tim Gabungan dari personel Rescue ACT Jabar bersinergi dengan personel Basarnas, BPBD, BNPB, TNI/Polri, dan Satpol PP terus melakukan pencarian korban.

Pada Senin (11/1/2021) proses pencarian korban dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi mulai pukul 06.30 WIB dan siang pukul 11.30 WIB. Sejauh ini, tim evakuasi tersebut terkendala tebalnya material longsor susulan dan hujan yang masih kerap mengguyur lokasi.

Perlu diwaspadai bersama, Tim Basarnas Bandung menemukan ada retakan di atas bukit yang berpotensi dapat menimbulkan longsor susulan, terlebih jika hujan deras terus mengguyur kawasan tersebut.

Mari Sahabat, doakan tim evakuasi gabungan agar selau dimudahkan dalam proses pencarian korban hilang.

Yuk, ulurkan tanganmu bantu Saudara kita untuk bertahan hidup di pengungsian dengan kirimkan sedekah terbaikmu

*********

Bagi #SahabatAmal yang akan membantu, bisa berdonasi dengan cara:

  1. Klik Tombol "Infak Sekarang"
  2. Masukkan Nominal Infak Sahabat
  3. Masukkan Data yang Diminta oleh Sistem
  4. Lakukan Transfer ke Rekening Bank yang Sahabat Pilih

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajak keluarga, teman, dan sahabat lainnya untuk membantu dengan cara share link ini via WhatsApp dan Facebook. 

InsyaAllah setiap kebaikan dari ajakan kita, maka Sabahat pun akan mendapatkan pahalanya.

Terima kasih kami ucapkan, doa dan dukungan Sahabat sangatlah berarti.

Butuh Bantuan?
Hubungi Kami Telp / WA: 0819 95 10 1000

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman kampanye ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili beramaljariyah.org.
Beramal Jariyah akan melakukan verifikasi terkait kondisi dan data yang diberikan penggalang dana sampai diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, sehingga cerita dan data yang diberikan dalam kampanye ini adalah sesuai keadaan sebenarnya.
© 2018 - 2019 Yayasan Beramal Jariyah
bekerjasama dengan PT Setiap Hari Dipakai / Evermos

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan akta pendirian No. 79 Tanggal 31-01-2020, adalah lembaga penggalangan dana online dengan situs beramaljariyah.org yang menggalang program Zakat, Infaq, dan wakaf. Pembayaran ditujukan ke rekening A.N Sahabat Beramal Jariyah. Donasi manual agar mencantumkan keterangan program yang akan dibantu. Dana tanpa keterangan akan kami salurkan melalui program regular Sahabat Beramal Jariyah dan masuk kategori dana infak.

Kami juga menerima pembayaran melalui: