Buat penggalangan dana. Klik di sini
Yuk Nyumbang! untuk Dana Siaga Bencana Nasional

Yuk Nyumbang! untuk Dana Siaga Bencana Nasional

Pengelola: Sahabat Beramal Jariyah

Donatur
577
Terkumpul
Rp37.782.500
Penerima Manfaat
92
Paket Sembako

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un.. Mari #BERAMALPULIHKANDUKA

Assalamu'alaikum wr wb #SahabatAmal

Sebagai mana kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan berbagai macam keanekaragamannya. 

Namun demikian, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi hampir di menyeluruh di seluruh wilayahnya.

Bencana-bencana yang sering terjadi seperti:

  1. Gunung meletus
  2. Gempa
  3. Angin Kencang
  4. Tsunami
  5. Banjir dan Banjir Bandang
  6. Tanah Longsor

Lebih daripada itu, BNPB merilis catatan bencana yang terjadi di Indonesia hanya dari tanggal 1Januari - 4 April 2021 saja sudah mencapai 1.030 bencana, seperti yang dijelaskan dalam infografis berikut:

Untuk itu, beramaljariyah.org berusaha mengambil peran dalam upaya siaga dan penanggulangan bencana-bencana di Indonesia tersebut dengan mengajak #SahabatAmal semua bergabung dalam Siaga Bencana Nasional ini.

Turut serta #BeramalPulihkanDuka yang donasinya akan disalurkan ketika terjadi suatu bencana di wilayah Indonesia.

***

2021 baru saja dimulai, namun bencana alam tak terhindarkan sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia dengan berbagai alasan, salah satunya La Nina yang sedang berlangsung mengakibatkan Indonesia mengalami curah hujan yang tinggi.

Setelah Banjir Kalimantan hingga Awan Panas Semeru, kini duka menghampiri Nusa Tenggara Timur. Minggu, 4 April 2021, Banjir Bandang dan longsor melanda Kabupaten Flores Timur dimana sebanyak 23 Desa terendam dan mengakibatkan 86 orang meninggal dunia puluhan lainnya luka-luka dan hilang. Kerusakan pun tak dapat terhindarkan, ratusan rumah warga terendam banjir dan longsor.

BMKG memprediksi hujan lebat dan dan angin kencang di NTT masih terus berlangsung hingga 9 April 2021. Karenanya potensi bencana hidrometeorologi pun masih terus mengintai.

Sebelumnya, Banjir yang terjadi di Kalimantan Barat dan Selatan pada 12-14 Januari 2021. Untuk Kalimantan selatan dampaknya 5 korban jiwa, 21.111 rumah terendam dan 112.709 warga mengungsi.

(foto: metronews)

Lalu, Gempa di Sulawesi Barat (Majene) dengan magnitude 6,2 pada 15 Januari 2021 yang mengakibatkan 70 orang meninggal dunia 11 orang luka-lua (update 17 Januari) dan sekitar 1.150 rumah rusak, 15 sekolah terdampak (liputan6).

 Tak hanya sampai situ, bencana pun datang dari gunung berapi aktif, seperti Erupsi pada Gunung Merapi 16 Januari 2021, dan Awan Panas di Semeru di hari yang sama yang meluncur hingga 4,5km.

550 warga sekitar gunung pun mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman. BPBD Kabupaten Lumajang mencatat kebutuhan mendesak bagi para pengungsi, yaitu makanan siap saji, dapur umum, hingga masker.

***

Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun...

Secara menyeluruh, saudara-saudara kita disana sangat membutuhkan bantuan kita, untuk sandang, pangan dan papan.

Rumah mereka hancur, terbawa banjir, ambruk karena gempa, dan hancur karena lava. Tetapi ada kebutuhan prioritas untuk saat ini, seperti:

  1. Makanan siap saji
  2. Dapur dan Tempat pengungsian
  3. Hygiene Kit
  4. Selimut
  5. Pakaian Layak
  6. hingga Obat-obatan

Ada banyak sekali duka di satu bulan ini, untuk itu Beramal Jariyah mengajak #SahabatAmal bergabung dalam Siaga Bencana Nasional ini untuk pulihkan duka saudara-saudara kita yang terkena bencana, dengan cara:

1. Klik Tombol "Infak Sekarang"

2. Masukkan Nominal Infak Sahabat

3. Masukkan Data yang Diminta oleh Sistem

4. Lakukan Transfer ke Rekening Bank yang Sahabat Pilih

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajak keluarga, teman, dan sahabat lainnya untuk membantu dengan cara share link ini via WhatsApp dan Facebook. 

InsyaAllah setiap kebaikan dari ajakan kita, maka Sabahat pun akan mendapatkan pahalanya.

Terima kasih kami ucapkan, jazakumullah khoiran khatsiran, doa dan dukungan Sahabat sangatlah berarti.

Butuh Bantuan?
Hubungi Kami Telp / WA: 0819 95 10 1000

© 2018 - 2019 Yayasan Beramal Jariyah
bekerjasama dengan PT Setiap Hari Dipakai / Evermos

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan akta pendirian No. 79 Tanggal 31-01-2020, adalah lembaga penggalangan dana online dengan situs beramaljariyah.org yang menggalang program Zakat, Infaq, dan wakaf. Pembayaran ditujukan ke rekening A.N Sahabat Beramal Jariyah. Donasi manual agar mencantumkan keterangan program yang akan dibantu. Dana tanpa keterangan akan kami salurkan melalui program regular Sahabat Beramal Jariyah dan masuk kategori dana infak.

Kami juga menerima pembayaran melalui: