Buat penggalangan dana. Klik di sini
Aksi Traktir Makan Dhuafa

Aksi Traktir Makan Dhuafa

Pengelola: Akrom Foundation

Donatur
188
Terkumpul
Rp7.397.820

Assalamualaikum wr wb #SahabatAmal

Alhamdulillah jika ditengah COVID-19 ini kita masih bisa makan enak dan mungkin masih memiliki tabungan yang cukup hingga beberapa hari kedepannya. Namun bagi sebagian orang, mereka masih harus berjuang agar bisa makan yang layak bahkan tak jarang berpuasa.

***

Berawal dari kegiatan berbagi makanan saat buka puasa Ramadhan 1441 H tahun 2020, di tengah pandemi COVID-19 ini, kami mendapati bahwa dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap.

Pekerjaan mereka seperti penjual asongan, supir angkot, ojek motor, pekerja harian, buruh pabrik dan pekerja sejenis yang rentan sekali terdampak secara ekonomi akibat pembatasan aktivitas selama Covid-19.

Begitu juga dengan adik-adik yatim dan dhuafa, situasi ini tentu menimbulkan dampak negatif bagi mereka.

Aktivitas belajar dengan cara tatap muka sampai saat ini di beberapa daerah belum diizinkan oleh pemerintah setempat, sehingga menimbulkan masalah dan pengalaman baru kepada guru, pihak sekolah dan adik-adik.

Seperti keterbatasan perangkat gawai, kuota internet, pengawasan langsung oleh orang tua di rumah sehingga secara psikologis keadaan ini sangat mengganggu emosional dari adik-adik kita ini. 

Seperti yang terjadi di provinsi DKI Jakarta termasuk kota Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, pemerintah melarang seluruh aktivitas di tempat umum kepada anak-anak (yang berusia dibawah 12 tahun) baik itu di tempat wisata, masjid, mall dan sekolah.

Kondisi inilah yang membuat adik-adik kita khususnya adik-adik yatim dan dhuafa menjadi berbeda dari hari-hari sebelumnya. Agenda undangan makan bersama di luar, trip belajar ke luar dan acara lainnya yang biasanya mereka lakukan bahkan hampir setiap hari sudah otomatis dibatalkan/ditunda.

Keceriaan yang biasa mereka dapatkan diluar, harus mereka tunda dahulu agar rantai penyebaran COVID 19 dapat segera terputus.

Alhamdulillah jika hari ini kita masih bisa makan enak dan mungkin masih memiliki tabungan yang cukup hingga beberapa hari kedepannya. Namun bagi sebagian orang, mereka masih harus berjuang agar bisa makan yang layak.

Berawal dari keprihatinan tersebut dan didukung oleh rekan-rekan seperjuangan yang satu visi dalam kebaikan bersama Akrom Foundation, dibentuklah program ATM (Ajak Traktir Makan) yang bertekad untuk bisa berbagi makanan rutin setiap pekan kepada adik-adik yatim, dhuafa dan penghafal qur’an yang membutuhkan.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Islam yang bagaimana yang paling baik?’ Beliau bersabda, ‘Memberi makan (pada yang butuh), juga mengucapkan salam pada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal.” (HR. Bukhari, no. 12 dan Muslim, no. 39)

Seperti yang dialami oleh dua kakak beradik Elsya (13) dan Silvia (11) yang tinggal di Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Ayahanda mereka telah dipanggil oleh Allah 1 tahun yang lalu karena sakit. Mereka tinggal bersama Ibu, adik dan kakak tertuanya. Saat ini, kakak mereka menjadi tumpuan perekonomian di keluarga ini dengan bekerja menjadi kasir minimarket. Alhamdulillah, kerja keras kakak tertua mereka bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarga termasuk membiayai seluruh kebutuhan sekolah mereka. 

Alhamdulillah, mereka sangat senang dan antusias dengan kedatangan kami mengantarkan makan siang di program ATM (Ajak Traktir Makan) ini karena kegiatan ini dapat membantu dan meringankan beban mereka akan kebutuhan primer di masa pandemi ini. 

Hingga tanggal 16 November 2020 sudah kami distribusikan paket makan siang/malam sebanyak 1306 box di kegiatan ATM (Ajak Traktir Makan) yang tersebar di Jabodetabek dan sekitarnya dan akan terus bertambah lagi. Target penerima manfaat sedekah makan adalah adik-adik yatim, dhuafa dan penghafal qur’an.

Hanya dengan Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) boleh lebih, anda sudah ikut serta mendukung program ATM (Ajak Traktir Makan) ini untuk adik-adik yatim, dhuafa dan penghafal quran di Jabodetabek dan sekitarnya. Akad donasi sudah termasuk paket lengkap makan siang/malam dan operasional penyaluran.

***

Bagi #SahabatAmal yang akan membantu, bisa berdonasi dengan cara:


  1. Klik Tombol "Infak Sekarang"
  2. Masukkan Nominal Infak Sahabat
  3. Masukkan Data yang Diminta oleh Sistem
  4. Lakukan Transfer ke Rekening Bank yang Sahabat Pilih

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajak keluarga, teman, dan sahabat lainnya untuk membantu dengan cara share link ini via WhatsApp dan Facebook. 

InsyaAllah setiap kebaikan dari ajakan kita, maka Sabahat pun akan mendapatkan pahalanya.

Terima kasih kami ucapkan, doa dan dukungan Sahabat sangatlah berarti.

Butuh Bantuan?
Hubungi Kami Telp / WA: 0819 95 10 1000

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman kampanye ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili beramaljariyah.org.
Beramal Jariyah akan melakukan verifikasi terkait kondisi dan data yang diberikan penggalang dana sampai diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, sehingga cerita dan data yang diberikan dalam kampanye ini adalah sesuai keadaan sebenarnya.
© 2018 - 2021 Yayasan Beramal Jariyah
bekerjasama dengan PT Setiap Hari Dipakai / Evermos

Yayasan Sahabat Beramal Jariyah dengan akta pendirian No. 79 Tanggal 31-01-2020, adalah lembaga penggalangan dana online dengan situs beramaljariyah.org yang menggalang program Zakat, Infaq, dan wakaf. Pembayaran ditujukan ke rekening A.N Sahabat Beramal Jariyah. Donasi manual agar mencantumkan keterangan program yang akan dibantu. Dana tanpa keterangan akan kami salurkan melalui program regular Sahabat Beramal Jariyah dan masuk kategori dana infak.

Kami juga menerima pembayaran melalui: