Tidak Selalu Materi, Ini 7 Contoh Sedekah Jariyah yang Mudah Untuk Diterapkan!

Untuk mendapatkan pahala sedekah jariyah yang tidak terhingga, kita tidak harus menunggu menjadi kaya terlebih dahulu. Karena ada banyak cara kecil yang bisa dilakukan untuk bisa berbagai manfaat sedekah yang nilainya untuk jangka waktu panjang dan bisa dirasakan siapapun.

0

Sebagai seorang muslim, pastinya kita ingin bisa memperoleh pahala yang dapat terus mengalir bahkan setelah meninggal dunia. Sahabat, pasti sudah sering mendengar hadist mengenai Amal Jariyah.

Ini adalah istilah untuk amalan yang nilai pahalanya akan terus mengalir bahkan saat jasad kita sudah berada di liang kubur. Seperti dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

ا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.”

(HR. Muslim, no. 1631)

Dalam hadist tersebut disebutkan salah satu amal jariyah yang bisa menolong kita di akhirat kelak adalah sedekah jariyah. Jenis amal jariyah yang sebenarnya jika Sahabat tahu, bisa jadi amalan yang paling mudah untuk dilakukan. Bahkan bisa dimana saja dan kapan saja.

Apa yang dimaksud sedekah jariyah?

Sedekah jariyah adalah amalan berupa berbagi atau bersedekah yang nilai manfaat dari hasil berbagi itu adalah pahala yang bisa terus mengalir untuk kita bahkan setelah ajal menjemput. Kata “Sedekah” berasal dari Bahasa Arab yakni “Shadaqah”.

sedekah jariyah adalah
sumber foto: pexels.com/
RODNAE Productions

Sedekah sendiri diartikan sebagai memberikan harta benda di jalan Allah, di antaranya untuk fakir miskin, anak yatim, keluarga, maupun yang lainnya yang membutuhkan.

Memiliki pahala tidak terhingga, kita pastinya ingin bisa meraih pahala melalui sedekah jariyah ini. Namun, ternyata tidak semua sedekah bisa dikategorikan sebagai sedekag jariyah. Ada beberapa kriteria yang menjadi sebab sebuah sedekah termasuk ke dalam jenis sedekah jariyah.

Di antara yang termasuk dalam sedekah jariyah adalah ketika kita bersedekah kepada orang lain dan pemberian tersebut dapat bernilai manfaat dalam jangka waktu lama. Bagi penerimanya dan siapapun yang merasakan manfaat ini.

Mengutip dari About Islam, ternyata ada 7 contoh sedekah jariyah yang bisa dilakukan dengan mudah. Cek selengkapnya berikut ini!

  1. Menanam pohon. Terlihat sangat sederhana dan mudah dilakukan, ternyata manfaat dari menanam pohon bisa bernilai besar. Jika seseorang duduk di bawah pohon yang Sahabat tanam dan mendapatkan keteduhan. Hingga bisa menikmati buah dari pohon tersebut saat kelaparan, maka kita bisa menerima karenanya.
  2. Membantu (baik keuangan maupun fisik) untuk membangun masjid ataupun panti asuhan.
    sedekah jariyah adalah
    sumber foto: beramaljariyah.org

    Masjid adalah tempat beribadah umat muslim. Selama masjid tersebut terus digunakan sebagai tempat beribadah oleh banyak orang, maka pahalanya pun akan ikut mengalir bagi siapapun yang turut berkontribusi untuk pembangunan masjid ini. Bahkan, menurut sebuah hadits sekecil apapun bantuan kita untuk kontribusi pembangunan masjid, nilai pahalanya bisa tetap kita rasakan.

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.”

(HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Sama halnya dengan bantu bangun panti asuhan yang menjadikan penghuni di dalamya memperoleh kenyamanan tempat tinggal, serta makan dan minum untuk melanjutkan hidup. Apalagi, jika anak-anak yang tinggalnya juga banyak mendirikan ibadah hingga menjadi penghafal Qur’an.

  1. Membayar pendidikan pelajar atau memberikan pendidikan gratis. Ilmu nilai manfaatnya bisa dirasakan bahkan sepanjang masa. Jika Sahabat memberikan sedekah berupa bantuan pendidikan, terutama jika anak tersebut memanfaatkan hasil menuntun ilmunya untuk banyak kebaikan yang terus-menerus, maka kita pun bisa terus mendapatkan pahalanya.
  2. Bantu seseorang mempelajari doa/mengirimkan doa/surah untuk dibaca. Sedekah jariyah tidak harus selalu bernilai materi. Bahkan, dengan membagikan broadcast message atau story di media sosial, mengenai doa-doa baik yang Sahabat temukan untuk bisa dibagikan pada orang lain agar bisa turut membacanya, juga bisa jadi pahala sedekah jariyah.
  3. Membesarkan seorang yatim piatu. Nabi Muhammad SAW sudah banyak mencotohkan bagaimana beliau begitu memuliakan anak yatim. Keutamaan yang bisa Sahabat dapatkan, di antaranya memperoleh pahala sebagai sedekah jariyah.
  4. Membantu pengadaan sumur/sedekah air. Jika penerima manfaat dari sedekah air ini minum dan menggunakan airnya untuk sehari-harinya terus-menerus, maka pahala bisa datang untuk kita juga dari Allah SWT.
  5. Menyumbangkan peralatan untuk orang sakit atau membangung rumah sakit, juga sedekah jariyah. Terutama bantu bangunkan rumah sakit bagi orang miskin dan yang membutuhkan. Ketika peralatan dirumah sakit digunakan, Sahabat bisa turut dapatkan pahalanya.

Sedekah jariyah adalah salah satu amalan yang nilai pahalanya tidak akan terputus. Setiap manusia pasti memiliki dosa dan dengan mengusahakan sebanyak-banyaknya miliki amal jariyah-lah bisa menjadi cara kita untuk selamat di hari pengadilan kelak.

Sebagai manusia, sudah sepantasnya juga kita menjadi makhluk yang bermanfaat bagi orang lain. Untuk itu Allah Ta’ala memberikan ganjaran keistimewaan yang luar biasa untuk ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.