Sedekah Jumat, Amalan yang Mungkin Kamu Sesalkan Jika Tak Dilakukan

Keutamaan sedekah Jumat yang harus kamu tahu. Berapapun jumlahnya, manfaatnya luar biasa.

0

Sedekah Jumat sebagai bentuk kita mampu menjadi muslim yang memberikan manfaat bagi orang lain, meski mungkin sedikit. Sebagai seorang manusia, sudah seharusnya berusaha menjadi bermanfaat bagi satu sama lainnya. Nabi Muhamad SAW sendiri, beberapa kali bersabda mengenai ciri-ciri muslim yang baik. Di antaranya, menjadi muslim yang memberikan kebaikan bagi muslim lainnya.

Pertama, Rasulullah menyukai ummatnya yang suka menebarkan keamanan dan kenyamanan.

خيركم من يُرجى خيره ويُؤمٓن شره -صحيح الترمذي

 “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling boleh diharapkan kebaikannya dan aman dari keburukannya. “

(HR Tirmidzi 2263)

Kedua, Rasulullah juga menyukai muslim yang senang membagikan makanan dan gemar memberi salam.

خيركم من أطعم الطعام وردَّ السلام  -صحيح الجامع

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang memberi makan (kepada orang lain) dan menjawab salam.”

(Shahīh al-Jāmi’ 3318)

Ketiga, hadist yang menyebutkan jika muslim yang baik ditekankan adalah mereka yang mau menebar manfaat bagi banyak orang.

خير الناس أنفعهم للناس  -صحيح الجامع

“Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

(Shahīh al-Jāmi’ 3289)

Salah satu cara agar kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya adalah dengan rajin bersedekah. Ada banyak jenis sedekah yang bisa kita lakukan. Di antaranya salah satu yang paling baik adalah dengan Sedekah Jumat.

Baca juga: Keistimewaan Hari Jumat Dan Daftar Amalan Yang Bisa Kamu Lakukan!

sedekah jumat
(sumber foto: pexels.com/
Emil Kalibradov)

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya dalam Keistimewaan Hari Jumat. Ada banyak amalan sunnah yang bisa kerjakan di hari ini. Termasuk sedekah Jumat yang keutamaannya dijelaskan dalam sebuah hadits dari Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda;

“Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.”

[HR.Muslim].

Nabi Muhammad SAW biasa memperbanyak amalannya di hari Jumat ini. Adapun mengenai apa saja keutamaan yang bisa kita dapatkan dari Sedekah Jumat, penjabarannya sebagai berikut ini.

  1. Mendapatkan pahala lebih besar

Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam kitab Al-Mushannaf yang meriwayatkan, “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

  1. Nilai pahalanya seperti saat bersedekah di bulan Ramadhan

Riwayat hadist lain mengatakan, jika sedekah Jumat membuat kita bisa memperoleh pahala berlimpah dalam bersedekah, layaknya saat melakukan sedekah di bulan Ramadhan. Dikatakan oleh Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah;

“Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

  1. Didoakan oleh para malaikat

Tidak hanya saat beribadah di waktu subuh, sedekah Jumat pun ternyata membuat kitab isa didoakan oleh malaikat.

“Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Sedang Jadi Trend, Bagaimana Pandangan Islam Terhadap Mengemis Online

Bersedekah bukan hanya bisa dilakukan ketika kita sudah bergelimang harta. Karena, sekecil apapun nilai sedekah yang kita bagikan, tidak mengurangi keberkahan yang kita dapatkan selama kita iklhas bersedekah di jalan Allah. Apalagi jika konsisten untuk melakukannya. Ingat, Allah lebih suka amalan yang konsisten dilakukan meskipun kecil, daripada amalan besar namun jarang dilakukannya.

sedekah jumat
(sumber foto: pexels.com/
Ahsanjaya)

Bahkan, nilainya akan lebih baik ketika justru kita bersedekah di saat kondisi kita sendiri mungkin kesulitan dan kekurangan. Betapa indahnya, kita masih bisa berbagi atau memikirkan bagaimana cara meringankan orang lain di saat diri sendiri juga berada dalam kesempitan. Wallahu a’lam bish-shawabi.

Baca juga: Macam-Macam Syirik Yang Mungkin Jarang Kamu Sadari

Leave A Reply

Your email address will not be published.