Mulai Gerakan Indonesia Tak Kenal Lapar, Beramal Jariyah Berbagi Sekotak Kebahagiaan Melalui #BeramalDariMasjid

#BeramalDariMasjid dengan berbagi makanan siap saji untuk mereka yang berkunjung ke masjid. Memakmurkan masjid melalui berbagi dampak positif ini juga cara Beramal Jariyah memulai gerakan Indonesia Tak Kenal Lapar

0

Bandung – Berawal dari keinginan untuk lebih menghidupkan lingkungan masjid dengan mengajak lebih banyak masyarakat muslim berkunjung ke masjid. Di bulan yang lekat dengan peringatan Hari Pangan Internasional, Beramal Jariyah menghadirkan program “#BeramalDariMasjid, Sekotak Kebahagiaan untuk Indonesia Tak Kenal Lapar”.

Hari Pangan Internasional, diperingati setiap tanggal 16 Oktober pada setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, isu ini masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi secara nasional. Karena, jika merujuk pada 3 pilar pemenuhan kebutuhan pangan dari WHO, ketersediaan, keterjangkauan, dan pemanfaatan pangan.

Indonesia berada di posisi ke-55 pada indikator keterjangkauan, posisi ke-34 pada kategori ketersediaan, dan posisi ke-89 pada kategori kualitas dan keamanan. Sementara itu imbas dari pandemi, lebih banyak lagi masyarakat yang alami kelaparan.

Berbagi Sekotak Kebahagiaan Melalui #BeramalDariMasjid
Sumber foto: Dokumentasi kegiatan penyaluran Beramal Jariyah

Ada 22 juta orang Indonesia di 5 tahun terakhir alami kelaparan (berdasarkan laporan ADB dan International Food Policy Research Institute (IFPRI) pada 2019 dalam ‘Policies to Support Investment Requirements of Indonesia’s Food and Agriculture Development During 2020-2045’).

Dengan latar belakang fakta tersebut, tercetuslah campaign “#BeramalDariMasjid, Sekotak Kebahagiaan Untuk Indonesia Tak Kenal Lapar yang kegiatannya pertama kali diselenggarakan bertempat di Masjid Al-Murrabi, Jl. Terusan Profesor Dr. Insyinyur Sutami, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung pada tanggal 8 Oktober 2021 lalu.

Baca juga: Beramal Jariyah Ajak Masyarakat Lebih Mencintai Kucing Terlantar Lewat Subsidi Steril Kucing!

Berbagi Sekotak Kebahagiaan Melalui #BeramalDariMasjid
Sumber foto: Dokumentasi penyaluran Beramal Jariyah

Bekerja sama dengan tim dari DKM Al-Murrabi yang turut memberdayakan para Ibu dari program Dapur Umma, 800 kotak nasi telah habis dibagikan kepada para jemaah sholat Jum’at dan juga beberapa masyarakat sekitar yang datang ke masjid.

Berbagi Sekotak Kebahagiaan Melalui #BeramalDariMasjid
Sumber foto: Dokumentasi penyaluran Beramal Jariyah

Alhamdulillah, kegaiatan pertama #BeramalDariMasjid ini memperoleh banyak tanggapan positif dari masyarakat yang menerima dan sekitar. Betapa senangnya mereka melihat lebih banyak yang datang berkunjung ke masjid. Karena, tak hanya yang membutuhkan dapat makan gratis. Ada juga cerita dari tukang parkir masjid, yang memperoleh lebih banyak pendapatan karena masjid lebih ramai.

Untuk itu, kegiatan berbagi sekotak kebahagiaan berupa makanan siap saji ini kembali dilakukan, kali ini bertempat di Masjid An-Nur di Jl. Sindang Sirna No.14, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

Berbagi Sekotak Kebahagiaan Melalui #BeramalDariMasjid
Sumber foto: Dokumentasi penyaluran Beramal Jariyah

Ratusan nasi kotak kembali dibagikan pada jemaah sholat dan masyarakat sekitar yang berkunjung ke masjid,  pada Jum’at, 3 Desember 2021.

Melihat ramainya masjid dengan kegiatan positif berbagi masyarakat, mengingatkan kita bagaimana dahulu di zaman Rasulullah, masjid begitu ramai dikunjungi. Masjid digunakan sebagai madrasah juga perkembangan ekonomi lewat pemberdayaan ziswaf (zakat infaq sedekah wakaf).

Baca juga: Beramal Jariyah X Evermos Salurkan Bantuan Pertama Untuk RBC, Sukseskan Program JASA Ibu!

Berbagi Sekotak Kebahagiaan Melalui #BeramalDariMasjid
Sumber foto: Dokumentasi penyaluran Beramal Jariyah

“Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Islam yang bagaimana yang paling baik?’ Beliau bersabda, ‘Memberi makan (pada yang butuh), juga mengucapkan salam pada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal.” (HR. Bukhari, no. 12 dan Muslim, no. 39).

Semoga, kegiatan #BeramalDariMasjid dengan berbagi Sekotak Kebahagiaan ini tidak berhenti sampai di sini. Karena, masih banyak mereka diluar sana yang kelaparan karena himpitan ekonomi.  Sahabat #GemarBeramal masih bisa terus dukung, dengan klik di sini ya.

Baca juga: Beasiswa Anak Juara Beri Kesempatan Anak Kurang Mampu Tempuh Pendidikan Lebih Maksimal

Leave A Reply

Your email address will not be published.