Anjuran Dalam Agama Islam Untuk Memperbanyak Sedekah Dan Infaq

0

Sedekah dan infaq adalah dua amalan paling dianjurkan untuk dilakukan, karena dua amalan ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik yang berpunya bahkan orang miskin.

Anjuran untuk mengamalkan sedekah dan infaq banyak tersirat di dalam kalam Allah dan juga hadist, salah satunya terdapat dalam surat Albaqoroh ayat 195 yang mengandung makna:

“Dan berbelanjalah dengan kekayaanmu pada jalan Allah dan kamu jangan membuat diri terjatuh pada sebuah kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah senang pada orang yang melakukan kebaikan”

Pesan yang disampaikan melalui ayat tersebut adalah umat islam dianjurkan untuk senantiasa berbuat kebaikan, salah satunya adalah dengan cara mengeluarkan infaq dari sebagian hartanya yang diniatkan di jalan Allah dan bertujuan untuk  amar ma’ruf nahi munkar(berbuat baik menghindari perkara yang tercela).

Sedekah dan infaq sangat banyak manfaatnya apabila diamalkan, karena dua hal tersebut selain merupakan perintah dari Allah termasuk juga dalam perkara sunah yang sangat dianjurkan.

Bahkan orang yang gemar melakukan sedekah dan berinfaq akan dijamin satu pintu surga untuknya yaitu melalui pintu sedekah.

Hal ini sesuai dengan salah satu hadist shohih dari riwayat Bukhori dan Muslim yaitu:

“Barang siapa membelanjakan salah satu dari dua kekayaan yang dimiliki di jalan Allah, dia bisa dipanggil melalui satu dari sekian banyak pintu surga: “ Hai hamba-hamba Allah, kesinilah agar mendapatkan kesenangan”. Apabila merupakan bagian dari orang yang  istiqomah sholatnya, ada pintu jihad yang siap memanggil, apabila masuk dalam golongan orang yang suka mengamalkan sedekah maka akan ada pintu sedekah yang siap memanggilnya.”

Baca Juga: Pahala Infaq dan Sedekah untuk Umat Muslim Yang Gemar Memberi

Agar kesempatan untuk bisa memasuki salah satu surga melalui  pintu sedekah tersebut, harus banyak mengamalkan sedekah tak ketinggalan juga infaq.

Tidak peduli besar atau kecil jumlahnya asalkan dilakukan dengan ikhlas maka akan mendatangkan barokah bagi yang memberi maupun penerima.

Selain berkesempatan untuk mendapatkan tiket surga, mengamalkan sedekah dan berinfaq juga bisa membuat umur menjadi lebih panjang sehingga kesempatan untuk melakukan kebaikan di jalan Allah akan lebih banyak.

Hal ini karena, dengan melakukan dua hal tersebut bisa mencegah kematian yang kurang baik atau su’ul khotimah seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist berikut ini:

Sabda dari Nabi besar Muhammad SAW: ” Bahwasanya sedekah yang dikeluarkan oleh seorang muslim isa membuat umurnya bertambah dan dihindarkan dari kematia yang kurang baik (Su’ul khotimah), dihilangkan oleh Allah kesombongan, membanggakan diri dan kefakiran yang ada pada dirinya”. (Diriwayatkan oleh Thabrani).

Dengan banyaknya hikmah dan berkah yang bisa di dapatkan melalui sedekah dan infaq, maka dua hal tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap ada kesempatan.

Bahkan ada salah seorang ulama yang mengatakan bahwa sedekah dan infaq paling tidak dilakukan minimal sehari sekali, tujuannya agar hidup menjadi lebih berkah agar mendapatkan ampunan dari Allah.

Yang perlu diperhatikan dalam memberikan sedekah atau infaq adalah, harus dilakukan dengan ikhlas tanpa keterpaksaan.

Karena apabila tidak ada keikhlasan di dalamnya maka keberkahan tidak akan di dapatkan, dalam melaksanakan dua hal tersebut harus memperhatikan etika & juga diberikan dengan cara yang sopan hal ini bertujuan agar penerima tidak timbul sakit hati yang bisa menyebabkan pahala dari sedekah dan infaq tersebut hilang.

Cara memberi yang baik adalah dengan cara sembunyi-sembunyi, hal ini bertujuan agar tidak muncul sifat jumawa pamer dalam diri sehingga niat dari kebaikan tersebut tetap terjaga.

Selain itu dalam melakukan sedekah dan infaq hendaknya tidak diungkit-ungkit, karena suatu amal yang dipamerkan atau diungkit di hadapan orang lain tidak disukai oleh Allah SWT.

Jika jaman dahulu untuk melakukan sedekah dan infaq tergolong cukup sulit, maka di era sekarang ini ada berbagai kemudahan yang tersedia agar bisa melakukannya di manapun tempat waktunya, yaitu dengan menggunakan sistem online.

Saat ini sudah ada banyak laman web dan juga aplikasi oniine terpercaya yang menyediakan fitur sedekah dan infaq online, sehingga lebih hemat tenaga dan juga waktu.

Yang terpenting pastikan situs web atau e-commerce tersebut menunjukkan informasi yang transparan kepada donator, baik dari segi pelayanan maupun program-program yang tertera.

Hal tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan agar terhindar dari penipuan, serta dapat mendermakan sedekah dan infaq secara tenang aman.

Mari perbanyak memberi agar hidup lebih berkah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.