Inilah Keutamaan dan Manfaat dari Infaq yang Jarang Orang Ketahui

0

Setiap umat muslim pasti selalu mendengar kata-kata infaq di pengajian-pengajian atau majlis ta’lim, bahkan infaq juga sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena akan memberikan banyak manfaat dari infaq yang bisa di dapatkan.

Pengertian dari infaq sendiri adalah membelanjakan harta untuk jalan yang diridhloi Allah atau secara singkatnya mengeluarkan sebagian harta yang tujuannya untuk kepentingan agama islam.

Infaq hampir sama dengan sedekah, baik hukum maupun ketentuannya.

Namun ada sedikit perbedaan yaitu sedekah bisa dilakukan dengan uang atau hal-hal yang non materiil sehingga pengertiannya menjadi lebih luas, sedangkan infaq secara umum dilaksanakan dengan menggunakan uang saja.

Di dalam Alqur’an dan hadist banyak disebutkan anjuran untuk berinfaq, karena banyak keutamaan dan manfaat dari infaq yang bisa dirasakan diantaranya adalah:

1. Di Doakan Oleh Malaikat

Orang yang gemar berinfaq akan di doakan oleh para malaikat agar mendapatkan ganti atas semua perbuatan baiknya, serta mendoakan hartanya agar menjadi berkah dan bisa dimanfaatkan untuk berbuat kebaikan di jalan Allah.

Berinfaq bisa dilakukan oleh siapa saja, baik orang yang berharta banyak maupun orang miskin.

2. Mendapatkan Harta Yang Berlipat Ganda

Orang yang mau berinfaq akan mendapat balasan yang lebih dari harta yang dikeluarkan, hal ini tersirat dengan jelas di dalam surat al-baqoroh ayat 261 yang memiliki arti bahwa orang yang menafkahkan sebagia hartanya untuk di infaqkan maka diumpamakan seperti sebuah biji yang mampu menumbuhkan tujuh tangkai tanaman, dan di setiap tangkainya mengandung 100 biji baru yang penuh dengan keberkahan.

Berdasarkan ayat tersebut, tersirat dengan jelas bahwa Allah akan menjamin harta setiap umat muslim yang di infaqkan di jalan-Nya, bahkan akan diganti dengan pahala dan bertambahnya rezeki dari arah yang tidak terduga.

Baca Juga: Inilah Kelebihan Dari Infaq Online Yang Belum Banyak Diketahui

3. Hati Menjadi Lebih Tenang Dan Kehidupan Tentram

Berinfaq adalah perkara yang berkaitan dengan hati, pastinya akan menumbuhkan rasa empati yang lebih baik.

Dengan melakukan infaq maka hati akan terasa lapang karena bisa bermanfaat dan membantu orang lain.

Hal ini sesuai dengan firman Allah di dalam surat Al- baqoroh  ayat 262 yang memiliki makna: orang yang mau mengeluarkan sebagian hartanya di jalan Allah dengan ikhlas tanpa mengungkitnya maka hatinya akan diliputi ketentraman dan terhindar dari kesedihan.

Dengan berinfaq juga bisa membuat kehidupan menjadi lebih tentram, karena hubungan dengan sesama manusia akan terjalin dengan baik dan tali silaturahmi dapat terbentuk dengan sempurna.

4. Membuat Hubungan Dengan Sesama Manusia Menjadi Lebih Baik

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung satu sama lain, dengan berinfaq maka akan membuat jurang pemisah yang melibatkan materi menjadi tersingkirkan, sehingga semangat untuk berkehidupan lebih baik akan muncul dan kasih sayang antar sesama bisa terpupuk bahkan berkembang menjadi sebuah persaudaraan.

5.  Membuat Harta Menjadi lebih Berkah

Apabila seseorang mengeluarkan hartanya untuk di infaqkan, maka hubungan dengan hartanya akan menjadi lebih baik.

Hal ini karena orang yang mau berinfaq menyadari bahwa harta yang dimiliki merupakan titipan dari Allah dan harus di manfaatkan di jalan-Nya, dengan tujuan agar terhindar dari kecintaan terhadap harta yang bisa  saja menyengsarakan.

Jika seseorang terbebas dari perbudakan harta duniawi maka hidupnya akan bebas dari rasa khawatir sehingga akan terasa tentram dan lebih semangat menjalani keseharian.

Untuk itu, jangan lupa berinfaq agar pahala berlipat dan menuju kehidupan dunia akhirat yang lebih baik.

6. Membuat Kesempatan Untuk Meraih Tiket Surga Menjadi Lebih  Besar

Melalui infaq maka pahala akan mengalir dan dicatat sebagai amal baik oleh malaikat rakib yang bertugas sebagai pencatat amal baik bagi umat islam.

Apabila rajin melakukan infaq pastinya jumlah pahala dan amal baik akan semakin bertambah, sehingga akan membuat kesempatan untuk mendapatkan ampunan dan terhindar dari api neraka.

Hal ini juga sudah dijelaskan di dalam beberapa ayat al-qur’an dan hadist shohih, bahwa orang yang gemar melakukan infaq pasti akan dijanjikan dengan ganti yang lebih baik salah satunya adalah surga.

Jangan pernah ragu untuk berinfaq, karena selain beberapa manfaat yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, ada beberapa manfaat dari infaq lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai tabungan kelak di akhirat atau lebih sederhananya menjadi investasi akhirat.

Sehingga pada hari pembalasan kelak akan menambah berat timbangan amal baik. Akan lebih baik bila infaq dilaksanakan setiap hari, agar semakin istiqomah dan membuat pahala mengair deras.

Namun yang harus diperhatikan, berinfaq harus dilakukan dengan ikhlas dan tidak diungkit-ungkit serta cara pemberiannya harus melalui cara yang baik dan benar.

Karena berinfaq dengan keterpaksaan tidak akan ada keberkahan di dalamnya dan bisa membuat pahala menjadi hilang.

Di jaman yang serba maju ini untuk melakukan infaq tidak perlu bingung, karena ada beberapa platform digital seperti web maupun e-commerce yang menyediakan layanan infaq online dengan lebih mudah dan juga amanah.

Dengan segala kemudahan infaq online yang sudah ada, Anda bisa melakukan infaq di manapun dan kapanpun sesuai keinginan. Yuk berinfaq di Beramal Jariyah!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.