Inilah Perbedaan Infaq Dengan Zakat Yang Wajib Anda Pahami

0

Sudah tahu perbedaan infaq dengan zakat ? Jika belum, simak pengertiannya pada ulasan berikut ini.

Anak yatim dan dhuafa adalah mereka yang sangat membutuhkan bantuan uluran tangan kita.

Oleh karena itu, ketika kita mempunyai harta lebih maka di situlah ada harta anak yatim dan dhuafa.

Namun bagi Anda yang sedang sibuk tidak bisa memberikan infak kepada anak yatim dan dhuafa, maka Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan melakukan infaq online.

Akan tetapi Anda harus bisa membedakan antara infak dan zakat karena keduanya berhubungan erat dan sama-sama mendengarkan atau membelanjakan harta.

Maka dari itu Anda harus tahu perbedaan infaq dengan zakat.

Perbedaan Infaq dengan Zakat

Infaq dengan zakat adalah berbeda karena dana infaq yang diberikan untuk kalangan yang tidak termasuk penerima zakat.

Sebagai balasan untuk orang yang berinfak dan bersedekah lebih banyak sekali menerima dalam Al Qur’an dan Al Hadits, antara lain setuju seperti pada hadist ini:

Dari Abu Huraira RA , ia berkata: “Rasulullah SAW bersabda:” Siapa yang bersedekah dengan sebiji korma yang dicari dari usahanya yang halal lagi (Allah tidak menerima apa yang lagi baik), maka Allah menerima sedekah ini dengan tangan kanan- Dia kemudian memohon Allah dan memeliharanya untuk pemiliknya seperti di antara kamu yang meminta dan meminjamkan anak kudanya. Sampai akhirnya sedekah tersebut akan menjadi  sebuah gunung.” -Muttafaq’alaih.

Sedangkan bagi orang-orang muslim yang sedang dalam keadaan sulit ekonomi, justru ia akan dijamin tidak akan mengurangi sedikitpun dari harta yang dimilikinya jika iya menafkahkan sedikit hartanya di jalan Allah.

Akan tetapi harta yang kita miliki akan berlipat ganda jika kita menginfakkan. Dengan demikian infaq ini sebagai cermin yang nantinya akan memberikan manfaat kembali kepada orang yang memberi dan juga yang menerimanya.

Perbedaan infaq dan zakat lainnya yaitu jumlah yang dikeluarkan tidak ditentukan, sedangkan zakat jumlahnya ditentukan.

Baca Juga: Manfaat Infaq Online untuk Umat Muslim yang Banyak Belum Diketahui

Penyalur Dana Infaq Online

Nah, melakukan infaq online untuk santunan anak yatim dan dhuafa saat ini juga sudah banyak wadahnya.

Beberapa aplikasi dan website telah menyediakan penyaluran infak terutama untuk menyantuni anak yatim dan dhuafa.

Berikut ini beberapa penyalur dana infaq online untuk santunan anak yatim dan dhuafa.

  • Penyalur Infaq Rumah Zakat

Penyalur dana infaq online untuk santunan anak yatim dan dhuafa yang pertama adalah rumah zakat.

Lembaga rumah sakit tersebut punya salah satu program yang cukup kreatif serta produktif yakni akan membantu orang-orang yang menerima dana infaq online untuk membuat mereka lebih mandiri, sehat dan berdaya.

Jadi semua program untuk pemberdayaan serta kesehatan yang diberikan oleh lembaga ini akan selalu dikembangkan.

Hal tersebut bertujuan agar pemanfaatan dana infaq lebih optimal, tepat sasaran dan amanah.

  • Penyalur Infaq BAZNAZ yang Bekerjasama dengan GoPay

Penyalur dana infaq online yang selanjutnya adalah BAZNAS yang bekerjasama dengan aplikasi go pay.

Kedua lembaga tersebut sudah bekerja sama untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang akan melakukan infaq online dengan cara kode QR.

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh direktur utama BAZNAS yakni Muhammad Arifin Purwakananta bahwa infaq online kini menjadi cara terbaru dan banyak dipilih oleh masyarakat.

Selain itu, aplikasi go pay sendiri juga merupakan aplikasi yang sudah masuk dalam top list aplikasi pilihan masyarakat untuk infaq secara online.

Makan aplikasi go pay ini juga menjadi salah satu penyalur terbesar yang salah satunya untuk menyantuni anak yatim dan dhuafa yang sudah diterima oleh lembaga BAZNAS.

Bukan hanya itu saja, aplikasi go-pay juga menjadi salah satu aplikasi yang sangat memudahkan masyarakat Indonesia dan akan membuat lembaga BAZNAS melakukan pencatatan yang lebih transparan.

Nah kan telah tercatat juga ketika tahun 2018 yang lalu bahwa lembaga BAZNAS bersama dengan go-pay telah melakukan produksi secara digital dan berhasil mencapai sekitar 300 lembaga amil zakat serta yayasan yang sudah menerima dana infak dari QR kode go-pay.

Aplikasi go-pay juga saat ini bukan hanya bisa dilakukan untuk infaq online saja, akan tetapi saat ini telah meluaskan jangkauannya ke ranah lainnya yaitu untuk zakat fitrah beserta zakat mal.

dengan demikian masyarakat akan lebih terbantu dan lebih dimudahkan dalam memberikan hartanya untuk infaq dan zakat.

Nah, infaq online untuk santunan anak yatim dan dhuafa saat ini memang sudah tidak sulit lagi.

Jadi tunggu apa lagi, segera berinfak melalui online via aplikasi dan website di atas untuk tujuan menyantuni anak yatim dan dhuafa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.